5 Trik Dapatkan Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri

Salah satu biaya terbesar untuk bepergian ke luar negeri adalah tiket pesawat yang harganya sampai jutaan rupiah. Untuk mensiasati biaya liburanmu tidak habis di satu item ini saja, kamu sudah tentu harus cermat dalam memburu tiket murah.

Berikut beberapa trik mendapatkan tiket penerbangan murah untuk liburanmu ke luar negeri seperti dikutip dari Tunaiku.com:

1. Berburu tiket promo

Benar sekali, tiket promo seringkali jadi incaran wajib bagi para pelancong yang hendak bepergian ke luar negeri. Banyak maskapai penerbangan yang kerap menawarkan tiket promo, kok, misalnya Air Asia, Citilink, Tiger Air, dan bahkan Garuda.

Mungkin kamu, kadang maskapai memberikan promo tiket dengan harga yang sangat murah hingga free seat!

Untuk bisa mendapatkan tiket promo ini , rajin-rajinlah untuk mengunjungi website resmi dari maskapai-maskapai tersebut. Tidak lupa pula untuk berlangganan newsletter maskapai terkait untuk mendapatkan kabar terbaru tentang tiket promo.

2. Memesan tiket jauh-jauh hari

Kalau kamu enggak mau menunggu hingga tersedia tiket promo, kamu masih bisa mendapatkan tiket yang lebih murah dengan memesannya sejak jauh-jauh hari. Tapi, kapan sebaiknya pemesanan dilakukan?

Hasil penelitian dari CheapAir selama tahun 2016 yang menghimpun data 3 juta penerbangan baik domestik maupun luar negeri,  didapati waktu pemesanan yang paling ideal adalah 54 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan dana untuk memesan tiket pada waktu-waktu tersebut!

3. Saat mencari tiket secara online, gunakan fitur incognito tab pada perambanmu

Pernahkah kamu mendapati bahwa tiket yang baru saja kamu lihat di sebuah situs harganya sudah naik ketika kamu berkunjung untuk yang kedua kalinya?

Sejumlah situs pemesanan tiket online memang mencatat traffic kunjunganmu ke situs mereka. Untuk menghindari hal ini, kamu dapat menggunakan fitur incognito tab yang terdapat pada perambanmu. Opsi lain, hapus saja cache dan histori pada browser-mu.

4. Perhatikan juga bulan-bulan murah untuk lokasi tertentu

Harga tiket ke lokasi atau negara tertentu juga tergantung dari waktunya. Menurut riset dari Skyscanner, harga tiket penerbangan ke suatu negara akan jadi lebih murah pada bulan-bulan tertentu. Sebagai contoh, penerbangan ke Australia lebih murah saat bulan Mei, sementara Jepang pada bulan Juni.

5. Pilih penerbangan pada hari kerja bukan hari libur

Jangan membeli tiket saat weekend, long weekend dan hari libur nasional lainnya. Solusinya adalah pilihlah jadwal penerbangan pada hari kerja. Dan ketika ada masa long weekend yang ingin kamu manfaatkan untuk berlibur ke luar negeri, cobalah sekalian ambil cuti di hari kerja untuk berangkat.

Comments

Popular Posts