Tips Liburan Murah di Korea Selatan dengan Budget Rp 5 Juta

Banyak orang mengatakan bahwa jalan-jalan merupakan obat paling mujarab untuk mengatasi stres atau hanya sekedar untuk mengeksplor dunia luar. Kamu juga akan mendapatkan banyak inspirasi ketika mengunjungi tempat baru. Biaya hidup di Korea tidaklah semurah di Indonesia. Namun jangan berkecil hati, kamu masih punya kesempatan jalan-jalan ke sana selama 7 hari dengan budget tidak lebih dari 5 juta Rupiah.

Memang tidak bisa dipungkiri, berkat kepopuleran drama dan lagu Korea di Indonesia, banyak traveler dalam negeri yang telah menjadikan negara Korea Selatan sebagai salah satu tujuan wisata mereka. Pasti ingat kan adegan drama Korea yang menampilkan keindahan negeri ginseng ini?

Namun sayangnya, biaya hidup di Korea tidaklah semurah di Indonesia. Seoul, ibu kota Korea Selatan, dinilai sebagai salah satu kota termahal di Asia. Namun jangan berkecil hati, kamu masih punya kesempatan untuk jalan-jalan ke sana selama tujuh hari dengan budget sekitar Rp 5 juta saja!


Berikut adalah tips agar kamu dapat berwisata ke Korea dengan biaya minimal. Bagaimana tips liburan murah di Korea dengan budget Rp 5 juta?


1. Cari promo tiket pesawat

Ketika jalan-jalan ke luar negeri, para pelancong biasanya menghabiskan uang paling banyak untuk tiket pesawat. Jadi persiapkan dari jauh-jauh hari tiket pesawatmu! Berlangganan email promosi dari maskapai tidak ada salahnya, karena perusahaan penerbangan akan mengumumkan tiket promosi langsung ke inbox-mu.

Di Indonesia, sudah banyak maskapai penerbangan yang biasanya memberikan promo tiket ke banyak negara di Asia, termasuk Korea Selatan. Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat promosi dengan harga sekitar Rp 2,5 juta untuk perjalanan pulang pergi. Jadi pastikan kamu tidak kehabisan promosinya ya!

Biaya penerbangan: Rp 2,5 juta.


2. “Menumpang” di rumah orang

Kamu bisa menghemat biaya akomodasi hingga menjadi Rp 0, ya kamu tidak salah baca!

Couchsurfing merupakan situs komunitas bagi para pecinta wisata. Kamu cukup mendaftarkan diri kamu dan isi data secara lengkap di sini. Pastikan kamu mengisi profil online sejelas mungkin agar para pemilik tempat tinggal yang kamu tuju mengenal kamu dengan baik.

Kirim email perkenalan dan yang paling penting, jangan lupa bersikap sopan ketika kamu tinggal di tempat mereka. Gampang kan?

Biaya tempat tinggal: Rp 0.


3. Hunting makanan Korea di warung-warung kecil

Korea terkenal sebagai surga makanan enak, pasti kamu tidak mau melewatkan hal ini kan? Kamu dapat menyisihkan sekitar Rp 700.000 per minggu atau Rp 100.000 per hari untuk makanan lezat dan juga murah. Warung-warung kecil di daerah Seoul menyediakan makanan enak dengan harga sekitar 3.000 won. Jadi kamu akan menghabiskan sekitar 9.000 won atau Rp 100.000 per harinya jika kamu makan tiga kali sehari. Pas dong dengan budget kamu?

Biaya makanan: Rp 700.000.


4. Gunakan subway untuk transportasi dalam kota

Sama seperti makanan, transportasi juga bisa diakali pengeluarannya. Yang pasti, lupakan taksi dan transportasi mahal lainnya. Kamu dapat membeli kartu transportasi M-Pass yang berlaku selama berlaku tujuh hari untuk menggunakan subway atau kereta cepat di Korea.

Harga kartu ini adalah 59.500 won atau sekitar Rp 700.000. Mahal memang. Tapi harga ini lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket subway satuan tiap kali kamu akan pergi, khususnya jika kamu sering menggunakan transportasi untuk berganti tempat wisata tiap harinya.

Biaya transportasi: Rp 700.000.


5. Seru mengunjungi tempat wisata

Setelah mengalokasikan pengeluaran untuk hal-hal di atas, pastinya sulit untuk mengunjungi tempat wisata yang bagus. Eits, jangan khawatir dulu. Korea memiliki tempat-tempat wisata sangat murah, bahkan gratis yang bisa kamu kunjungi. Beberapa istana megah yang biasa dikunjungi turis, seperti Changdeokgung (창덕궁), biaya masuknya yaitu 3.000 won atau sekitar Rp 35.000. Ini merupakan harga umum bagi sebagian besar tempat wisata di Korea.

Kamu dapat menyisihkan sekitar Rp 350.000 untuk mengunjungi berbagai tempat wisata, baik gratis maupun berbayar selama tujuh hari. Jangan lupa melakukan banyak riset untuk tempat-tempat wisata bagus yang berharga murah terlebih dahulu ya.

Biaya tempat wisata: Rp 350.000.

 Pada umumnya, 5 hal di atas adalah sumber pengeluaran terbesar ketika jalan-jalan ke Korea. Sejauh ini, kamu akan menghabiskan sekitar Rp 4,25 juta. Ditambah dengan biaya visa Rp 450.000 jadi totalnya sekitar Rp 4,7 juta. Jika budget kamu Rp 5 juta, kamu masih bisa menggunakan sisanya untuk keperluan lain yang mungkin mendesak ketika perjalanan.

Nah sekarang kamu tahu kan bahwa untuk ke Korea itu sebenarnya tidak mahal setelah membaca tips liburan murah di Korea dengan budget Rp 5 juta?






Comments

Popular Posts